الْنَّكِرَةُ وَالْمَعْرِفَةُ
Bab Nakirah dan Makrifah
نَكِرَةٌ قَـــــابِلُ أَلْ مُؤثِّــــرَاً ¤ أَوْ وَاقِعٌ مَوْقِعَ مَا قَدْ ذُكِرَاNakirah adalah Isim yang dapat menerima AL pemberi bekas Ma’rifah, atau Isim yang menempati tempatnya Isim tersebut (dapat menerima AL Ma’rifah).وَغَيْــرُهُ مَعْرِفَـةٌ كَــهُمْ وَذِي ¤ وَهِنْـدَ وَابْنـيِ وَالْغُلاَمِ وَالَّذِي
Selain tersebut (pengertian Isim Nakirah) dinamakan Isim Ma’rifah, yaitu seperti هم (Isim Dhamir), ذي (Isim Isyarah), هند (Isim Alam), ابني (Isim Mudhaf), الغلام (Isim dg AL ma’rifah) dan الذي (Isim Maushul).
|
°°°
Isim NakirahDefinisi Isim Nakirah adalah: Kalimah isim menunjukkan pada sesuatu secara kesatuan yang tidak ditentukan. contoh:
جَاءَ طَالِبٌ
Penuntut telah datang
قَدِمَ ضَيْفٌ
Tamu telah tiba
Ada dua jenis isim Nakirah:(1). Kalimah Isim dapat dipasangi AL dan membekaskan ma’rifah atau menjadikannya tertentu. contoh:
كِتَابٌ، رَجُلٌ
Buku, Laki-laki
maka dapat dipasangi AL dan membekaskan Ma’rifah menjadi contoh:
الرَّجُلُ شُجَاعٌ، الكِتَابُ نَفِيْسٌ
Laki-laki itu pemberani, Buku itu sangat bagus.
(2). Kalimah Isim menduduki kedudukan Isim yang dapat dipasangi AL, seperti lafazh ذُوْ artinya “pemilik” sinonim dengan lafazh صَاحِبٌ “pemilik“. contohجَاءَ ذُوْ عِلْمٍ
seorang yang berilmu telah datang
pada contoh ini maksudnya adalah صَاحِبُ عِلْمٍ “pemilik Ilmu”
maka lafadz ذُوْ adalah isim nakirah yang tak dapat dijodohkan dengan
AL, akan tetapi ia menduduki kedudukan Isim yang dapat dipasangi AL
pemberi bekas ma’rifah, yaitu lafazh صَاحِبُ.
°°°
Isim Ma’rifahDefinisi Isim Ma’rifah adalah: Kalimah isim menunjukkan pada sesuatu secara kesatuan yang tertentu. contoh:
أَنْتَ مُخْلِصٌ
Enkau seorang yang tulus.
Ada dua jenis isim Ma’rifah:(1). Kalimah Isim tidak dapat dipasangi AL, pun tidak menduduki kedudukan Isim dapat dipasangi AL. Contoh:
جَاءَ عَلِيٌّ
Sayyidina Ali telah datang.
(2). Kalimah Isim dapat menerima AL, akan tetapi tidak membekaskan ma’rifat. contoh:جَاءَ الْعَبَّاسُ
Sayyidina ‘Abbas telah datang.
contoh AL pada lafazh العباس tidak
berfungsi mema’rifahkan, karena ia sudah ma’rifah sebab Isim ‘Alam.
Mengenai AL jenis ini, Insya-Allah akan diterangkan pada Babnya
sendiri. untuk sementara bisa dijadikan rujukan » Terjemah Alfiyah Bab Ma’rifat sebab alat Ta’rif.
°°°
Isim Ma’rifah ada Tujuh:1. Isim Dhamir, menurut qaul yg shahih merupakan paling ma’rifahnya dari isim-isim ma’rifah setelah lafazh Jalalah. contoh:
أنَا، أنْتَ، هُوَ
aku, kamu, dia
2. Isim Alam, contoh:خَالِدٌ، زَيْنَبُ، مَكَّةُ
khalid, zainab, makkah
3. Isim Isyarah, contoh:هَذَا، هَذِهِ، هَؤُلاَءِ
ini (male), ini (female), ini (jamak)
4. Isim Maushul, contoh:الَّذِيْ، الَّتِيْ، الَّذِيْنَ
yang tunggal (lk), yang tunggal (pr), yang jamak(lk/pr)
5. Isim yg dima’rifahkan oleh AL, contoh:الْكِتَابُ، الطَّالِبُ
kitab itu, siswa itu
6. Isim Mudhaf pada isim ma’rifah, contoh:كِتَابِيْ جَدِيْدٌ. كَلاَمُ عَلِيٍّ بَلِيْغٌ
kitabku baru, perkataan Ali fasih
7. Isim Nakirah Maqshudah (dari sebagian Munada, jika dimaksudkan kepada satu orang tertentu) contoh:يَا طَالِبُ أَجِبْ
hai siswa… jawablah!
Kesimpulan pembahasan Bait: Isim Nakirah adalah isim yang dapat
dipasangi AL yang membekaskan ma’rifah, atau isim menempati kedudukan
isim yang dapat dipasangi AL. selain isim Nakirah dinamakan Isim
Ma’rifah. disebutkan 6 jenis Isim alam: Isim Dhamir, Isim Alam, Isim
Isyarah, Isim Maushul, Isim yg dima’rifahkan oleh AL, Isim Mudhaf pada
isim ma’rifah, dan tidak diuraikan yang ke 7 yaitu Nakirah
Maqshudah, karena sempitnya Nadzam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar