Selasa, 15 Januari 2019

KUMPULAN KAIDAH USHUL FIQIH DAN PENJELASANNYA


Amar Dan Kaidah-Kaidahnya

الأ مــر هــو طــلــب ا لــفــعــل مــنا لأ عــلى ا لى ا لأ د نى
Amar adalah tuntutan melakukan pekerjaan dari orang yang derajatnya lebih tinggi kepada orang yang derajatnya lebih rendah.

Bentuk – Bentuk Amar

Fiil Amar contohnya :  : QS 17 : 79
Fiil Mudhori yang didahului lam amr contohnya :  QS 65 : 7
Lafad-lafad قــضى – كــتــب – و جــب – فــر ض
Isim Fiil Amar عــلــيــكــم
Masdar pengganti fiil contohnya :  ا حـــســا نـا contohnya :  QS 2 : 83
Kalam Khobar bermakna Insya contohnya :  QS 2 : 228

Makna Amar selain makna perintah

1. Boleh contohnya :  QS 2: 60

2. Aancaman contohnya :  أ عــمــلـو ا مـا شــئــتــم

3. Sunah contohnya :  :24 : 33

4. Petunjuk contohnya :  QS 2 : 282

5. Memuliakan contohnya :  15 : 46

6. Menyamakan contohnya :  QS 52 : 16

7. Penghinaan QS 2 : 65

8. Melemahkan QS 2 : 23

9. pernyataan terhadap nikmat ( imtinan ) contohnya :  QS 6: 142

10. Penciptaan contohnya :  36 : 82

11. Penyerahan ( tafwid ) QS toha : 72

12. Mendustakan 2: 111

13. sedih ( talhif ) 3: 119

14. permohonan ( doa ) 2 : 201

15. Permintaan biasa contohnya : . mainlah kerumahku

16. angan-angan ( tamanni ) contohnya :  memohon semoga muda kembali

17. sopan santun contohnya :  hadits agar makan makanan yang letaknya dekatdengan tempat duduk.

Kaidah-Kaidah Amr

ا لأ صــل فى ا لأ مــر لـلــو جـو ب
Asal dalam perintah menunjukan arti wajib

ا لأ صــل فى ا لأ مــر لـلــو جـو ب و لا تـد لّ عـلى غـيـره ا لأ بــقــر يــنــة
Asal dalam perintah menunjukan arti wajib` kecuali adadalil yang memalingkanya.

ا لأ صــل فى ا لأ مــر لأ يــقــتـضى ا لــتــكــرا ر
Asal dalam perintah tidak menghendaki pengulangan

ا لــحــكــم يــد و ر مــع ا لــعــلّـة و جـو دا و عــد مـا
Hukum itu berkisar pada : ada atau tidak adanya illat

ا لأ صــل فى الأ مــر لا يــقـتـضى ا لــفــو ر
Asal dari perintah tidak menunjukan segera.

ا لأ مــر بــا لــشــيـئ أ مــر بــو ســا ئــلــه حـكــم ا لــمــقــا صــد
Perintah kepada sesuatu menjadi perintah padaperantaranya. Dan perantara itu hukumnya sama dengan yang dimakasud

مـالأ يــتــم ا لــو ا جــب ا لا بـه فــهــو و ا جــب
Tidak akan sempurna suatu kewajiban kecuali dengan sesuatuyang lain, maka sesuatu yang lain itu pun hukumnya menjadi wajib.

ا لأ مــر بــا لــشــيئ نــهــي عـن ضــدّ ه
Perintah terhadap sesuatu merupakan larangan darisebaliknya.

ا لأ مــر بــعـد ا لــنـهـى يــفــيــد ا لأ بــا حــة
Perintah yang jatuh setelah adanya larangan hukumnyaadalah boleh.


Kaidah NAHI (larangan)

ا لــنـهـي هـو طــلـب ا لــكــفّ عـن فــعــل مـن ا لأ عــلى ا لى ا لأ د نى
Larangan adalah tuntutan untuk meninggalkan perbuatan dariorang yang lebih tinggi derajatnya kepada yang rendah.

Bentuk – Bentuk nahi

Fiil nahi 17 : 32
Fiil mudori 56 : 79
lafal-lafal larangan حـرم – ا حــذ ر – ا تــر ك – خـطـر – نـهـى – د ع – ذ ر

Makna Nahi selain larangan

1) Makruh contohnya :  hdits larang solat dikandang onta

2) Harapan, doa 2 : 286

3) Petunjuk 5 : 101

4) Menghibur ( I’tinas ) 9: 40

5) Angan-angan 32: 12

6) Biasa ( iltimas ) contohnya :  jangan main kesana

7) Menjelaskan suatu akibat. Contohnya :  menganggap mati orang jihad fisabililah 3 :169

8) Menjelaskan ( tanbih ) contohnya :  jangan melarang jika engkau mengerjakan


Kaidah kaidah NAHI

ا لأ صــل فـى ا لــنــهـى لـلــتــحــر يــم

Asal pada larangan menunjukan arti haram

ا لــنــهــى عـن ا لــشــيـئ أ مــر بــضــد ه

Larangan terhadap sesuatu berarti perintah kebalikannya.

ا لأ صــل فـى ا لــنــهــى يــقــتــضـى ا لــفــســا د مــطــلــقـا

Asal larangan akan mengakibatkan kerusakan secara mutlak

ا لأ صــل فـى ا لــنــهـى يــقــتــضـى ا لــــتـكــر ا ر مـطــــلــقــا

Asal dalam larangan menghendaki adanya pengulanganseanjang masa.


‘AM ( UMUM )

ا لـعـا م هـو ا لـلــفـظ ا لـمـسـتــغـر ق لـجـمـيـع مـا يـصـلـح و ضـع و ا حـد د فـعـة

‘Am adlah lafal yang menujukan pengertian umum yangmencakup satuan-satuan ( afrad) yang ada dalam lafal itu tanpa pembatasanjumlah tettentu.

Menurut jumhur ulama, ‘amm dibangun dari khas. Oleh karenaitu khas lebih kuat dari ‘am. Maka ‘am dapat digugurkan ketika ditemukan khas.Sedangka khas tidak dapat digugurkan dengan adanya ‘amm.

Lafal-Lafal Yang menujukan ‘AMM


كــلّ يشى جــمــيــع
ا ل تــعــر يــف ا لــجــنــس ” ا لــبــيـع يـنــقـل ا لـمــلـكــيّــة لــفـظ ا لـمأأفـر د مـع

lafal jama yang dimakrifatkan dengan alif lamtarif jinsi.

lafal mufrod da jama yg dimakrifatkan dg idofat contohnya:  و ا مـا بــنـعـمــة ر بـك
isim – isim maushul
isim-isim isyarat
isim –isim istifham
Isim nakiroh yang dinafikan contohnya :  لا هـجـر ة بــعـد ا لــفــتـح


KAIDAH ‘AM

ا لـعـمـو م لا يـتصـو ر ا لأ حــكت م
Keumuman itu tidak mengambarkan suatu hokum.

ا لـمـفـهـو م لـه عـمـو م
Makna yang tersirat itu mempunyai bentuk umum.

ا لـمـخـا طـب يـد خـل فى عـمـو م خـطـا ب
Orang yang memerintahkan sesuatu masuk ke dalam pemerintah tersebut.

ا لـعـبـر ة بـعـمـو م ا لـلـفـــظ لا بــخـصـو ص ا لــسـبــب
Suatu ungkapan itu berdasarkan keumuman lafal, bukan kekhususan sebab.

ا لــعـمـل بـا لــعــا م قـبـل ا لـبـحـث عـن ا لـمـخــصّــص لا يـجـو ز
Mengamalkan lafal yang bersifat umum sebelum ada pengkhususantidaklah diperbolehkan.

عــمـوم ا لــعـا م ســمــو لــيّ و عـمـو م ا لــمــطــلــق بــد لــي ّ
Keumuman itu bersifat menyeluruh, sedangkan keumuman mutlak itu bersifat mengganti atau mewakili.


KHAS ( KHUSUS )

ا لـلــفـظ ا لـذ ى يـد لّ عـلى مـعـنى و ا حــد
lafal yang menunjukan makna tertentu.

ADA 2 JENIS TAKHSHIS

1) Takhshih Muttasil (bersambung)

Syarat contohnya :  2 : 228

Sifat 4 : 92

Goyah (maksud, tujuan) contohnya : . 5:6

badal ba’du min kulli contohnya :  : haji bagi yang mampu

hal (keadaan) contohnya :  larangan saat ketika mabuk 4 : 43

Dzorof makan dan zaman. Contohnya :  masa zakat fitrah jadi sodakoh setelah sholatid.

2) Takhsih Munfasil (terpisah)

mentahsis qur’an dengan qur’an 2: 228 dengan 65 : 4

mentakhsis qur’an dengan sunah contohnya : warisan 4 :11 dengan kafir dan pembunuh

mentakhsis sunah dengan qur’an contohnya : hadits wudu dengan tayamum 4:43

sunah ditakhsis dengan sunah. contohnya :  zakat tani 10 % dengan tidak wajib sebelum lima wasak

qur’an atau hadits ditakhsis dengan qiyas contohnya : hukum dera bagi pezna 100 kali 24 : 2 dengan qiyas hamba sahaya 50 kali.

qur’an ditakhsis dengan akal contohnya : wajib haji 3 :97 anak kecil dan orang gila tidak wajib.

hadits ditakhsis dengan mafhum (makna tersirat) contohnya:  zakat satu kambing dari 40. hanya kambing diluar kandang mencari makan sendiri, tapi yang dikandang /dipelihara tidak wajib ( HR Bukhari )

penghususan dengan problem nyata karena darurat hukumnya boleh. Contohnya :  Abdurahman bin Auf dan zubair boleh pakai sutera karena penyakit gatal.


Mutlaq dan Muqoyyad

Adalah lafal yang menujukan sesuatu yang tidak terbatas.

ا لــمــطــلــق هــو ا للــفــظ ا اــخــا ص لـم يــقــيـّــد بــقــيــد لــفــظــيّ يــقــلّــل شــيــو عــه
Mutlaq adalah suatu lafadz tertentu yang tidak terikat oleh batasan lafadz yang mengurangi keumumannya.

ا لـــمــقــيّــد هـو ا للــفــظ ا لــخــا ص قــيّــد لــفــظــيّ يــقــلّــل شــيــو عــه
Muqayyad adalah lafadz tetentu yang dibataasi oleh batasan lafadz lain yang mengurangi keumumannya.

ا لـمـطـلـق عـلى ا طــلـقــه مـا لـم يــقـم د لــيـل عـلى تــقــيــد ه
Hukum mutlaq ditetapkan berdasarkan kemutlakannya sebelum ada dalil yang membatasinya.

ا لــمـقــيـد بـا ق عـلى تــقــيــيـد ه مـا لـم يــقـم د لـيــل عــلى ا طــلا قــه
Lafal muqayyad tetap dihukumi muqayyad sebelum ada bukti yang memutlakannya.

ا لــمــطــلـق لا يــبـقـى عـلى ا طــلا قــه ا ذ ا يـقـو م د لـــيـل عــلى تــقــيـيـد ه
Lafal mutlak tidak boleh dinyatakan mutlak jika telah ada yang membatasinya.

ا لــمـقــيـد لا يـبـقـى عـلى تـقـيـيـد ه ا ذ ا يـقـو م د لـــيـل عـلى ا طـــلا قــه
Muqayyad tidak aka tetap dikatakan muqayyad jika ada dalil lain yang menunjukan kemutlakannya.

ا لــمـطــلـق يـحـمـل عـلى ا لـمـقـيـّتد ا ذ ا ا تّــفــقـا فى ا لــســبـب و ا لــحـكــم
Mutlak dibawa ke mukoyyad jika sebab dan hukumnya sama.

ا لـمــطــلـق يـحــمــل عــلى ا لــمــقــيـد ا ن ا خــتــلـفـا فى ا لــســبـب
Mutlak itu dibawa ke mukoyyad jika sebabnya berbeda

ا لـمــطــلــق لا يــحــمـل عـلى ا لــمــقــيــد ا ذ ا ا خــتــلـف فى ا لــحــكـم
Mutlak itu tidak dibawa ke mukoyyad jika yang berbedahanya hukumnya

ا لــمــطــلـق لا يــحــمـل عـلى ا لــمــقــيــد ا ذ ا ا خـــتــلـفـا فى ا لــســبــب و ا لــحــكــم
Mutlak itu tidak dibawa ke mukoyyad jika sebab dan hukumnya berbeda


MANTUQ ( YANG TERSURAT ) DAN MAFHUM (YANG TERSIRAT )

Mantuq adalah lafal yang kandungan hukumnya tersurat didalam apa yang diucakan.

Mafhum adalah lafal yang kandungan hukumnya ada dibalikarti mantuq

مــاد لّ عــلــيــه ا لـلــفــظ فى مــحــلّ ا لــنّــطــق

Manthuq adalah sesuatu yang ditunjukan oleh lafadz sesuaidengan yang diucapkan

مــاد لّ عــلــيــه ا لـلــفــظ لا فى مــحــلّ ا لــنّــطــق

Mafhum adalah sesuatu yang ditunjukan oleh lafadz, bukanarti harfiyyah yang diucapkan

Mafhum terbagi 2 :

mafhum muwafaqoh yaitu menetapkan hukum dari maknanya yang sejalan atau sepadan dengan makna yang tersurat. Contohnya : khomar itu haram maka semua yang memabukan hukumnya haram.

Mafhum Muwafaqoh terbagi 2 :

fahwal khitab
yaitu apabila yang tersirat lebih utama dari yang tersurat.

Contohnya :  QS 17 :23 menyebut "AH" saja dilarang, apalagi memukul. 17 : 32 jangan mendekati zina. Mafhummuwafaqoh fahwal khitab nya adalah mendekati zina saja diharamkan, apalagi melakukannya.

Lahnul Khitab,
yaitu apabila yang tidak diucapkan (tersirat) sama hukumnya dengan yang diucapkan (tersurat).

Contohnya :  memakan harta anak yatim 4 : 9. mafhummuwafaqoh lanhul khitab nya contohnya : dengan membakar, atau merusaknya.

mafhum mukhalafah adalah menetapkan hukum kebalikan dari hukum mantuqnya

Mafhum mukhalafah terbagi:

mafhum dengan sifat
contohnya : . hadits zakat kambing, maka mafhummukhalafahnya adalah binatang yang dikandangin, diberi makan tidak wajib zakat.

mafhum dengan goyah
contohnya : . 2 : 187 mafhum mukhalafahnya apabila fajard atang, maka hentikan makan dan minum, artinya puasa dimulai.

mafhum dengan syarat
contohnya : . 65: 6, mafhum mukhalafahnya adalah jika istri yang ditalak tidak hamil, maka mantan suami tidak harus memberi nafkah.

mafhum dengan bilangan
contohnya : . 24 : 4, mafhum mukhalafahnya tidak boleh mendera.

مــفــهـوم ا لــمــو ا فــقــة حــجــة

Mafhum muawafakoh ( makna tersirat yang sesuai ) dapat dijadikan hukum.

MUJMAL DAN MUBAYYAN

Mujmal adalah lafal yang mencakup kemungkinan segalakeadaan dan hukum yang terkandung di dalam lafal tersebut. Ia bersifat globaldan menyeluruh sehinga membingungkan dan tidak dapat diketahui secara jelasmaksudnya tanpa danya mubayyan ( penjelas )

Abdul Wahab Khalaf mendefinisikan, “"afal yang pengertiannya tidak dapat dipahami dari lafal itu sendirin apabila tidak ada qarinah yang menjelaskannya"

ا لــمــجــمــل هــو ا للــفــظ ا لــذ ي لا يــد لّ بــصــيــيــغـتــه عــلى ا لــمــر ا د

Mujmal adalah lafadz yang sighotnya tidak menunjukan apa yang dimaksud ( tidak jelas )

ا لــمــبــيــّـن هــو ا للــفــظ ا لــذ ي يــد لّ بــصــيــيــغـتــه عــلى ا لــمــر ا د

Mubayyan adalah lafadz yang sigotnya jelas menunjukan apa yang dimaksud.

تــأخــيــرا لـبـــيــا ن عــن و قـــت ا لــحــا جـة لا يــجــو ز

Mengakhirkan penjelasan pada saat dibutuhkan tidak dibolehkan.

تــأخــيــرا لـبـــيــا ن عــن و قـــت ا لـــخــطــا ب يــجــو ز

Mengakhirkan penjelasan pada saat diperintahkan hukumnya boleh.


MURADIF (SINONIM) DAN MUSYTARAK (HOMONIM)

ا لـلــفـظ ا لــمــتـعــد د لــمـعــنى و ا حــد ا

murodif adalah dua kata atau lebih, satu arti

ا لـلـــفـظ ا لــذ ى يــد ل عــلى مـعــنـيـن ا و ا كــثـر

musytarak adalah satu kata mempunyai dua arti atau lebih

أ يــقــا ع كل مــن ا لــمــر ا د فــيــن مــكا ن ا لا خــر يــجــو ز ا ذ ا لــم يــقـم عــلــيــه طــا لــع شــر عــيّ

Mendudukan dua muradif pada tempat yang lain (mempertukarkannya) itu diperbolehkan jika tidak ada ketetapannya.

أ ســتــعــمــا ل ا لــمــشــتــر ك فى مــعــنـيــه ا و مــعــا نــيــه يــجــو ز

Penggunaan Musytarak menurut makna yang dikehendakiataupun untuk beberapa maknanya itu diperbolehkan.


ZAHIR DAN MUAWWAL / TAKWIL

Zahir adalah lafal yang menunjukan arti secara langsungdari nas itu sendiri, tanpa memerlukan qarinah (penyerta) lain yang datang dari luar untuk memahami maksudnnya. Oleh karenanya lafal zahir tidakmemungkinkan adanya takhshis, takwil, dan naskh.

Takwil adalah memalingkan arti zahir kepada makna lain yang memungkinkan berdasarkan dalil / bukti.

ا لــفــر و ع يــد خــلــه ا لــتــأ و يــل ا تــفــا قــا

Masalah cabang dapat dimasuki takwil berdasarkan contohnya: sensus.

ا لأ صــو ل لا يــد خــلـه ا لــتــأ و يــل

Masalah ushuludin (aqidah) tidak dapat menerima takwil.


NASAKH DALAM NAS

ر فــع ا لــشــا ر ع حــكــمــا شــر عــيّــا بــد لــيــل مــتــر ا خ
Naskh adalah membatalkan pelaksanaan hukum dengan hukum yang datang kemudian.

ا بــظــا ل ا لــعــمــل بــا لــحــكــم ا لــشــر عــىّ بــد لــيــل مــتــر ا خ عــنــه
Naskh adalah membatalkan pengamalan sesuatu hukum syuara’dengan dalil yang datang kemudian.

ا لــقــطــعــى لا يــنــســخــه ا لــظــنّ
Dalil qath’I tidak dapat dihapus dengan dalil zanni.

مـالا ت ا لأ فــعــا ل مـقـصـو د ة و مـعـتـبـر ة
Ukuran sesuatu perbuatan tergantung kepada tujuan

مـالا يــتـمّ ا لـو ا جـب ا لا بـه فـهـو و ا جــب
Sesuatu yang menjadikan kewajiban sempurna karenanyaadalah wajib

د ر أ ا لـمـفــا ســد مــقـــد م عــلى جــلـب ا لــمــصــا لــح
Mencegah kerusakan lebih diutamakan dari mencari kebaikan

ا لــر خــص لا تــنــا ط بــا لـمــعــا صــى
Kemudahan tidak dikaitkan dengan maksiat

ا اــعــبــر ة فى ا لـعـقــو د بــا لـمـقــا صــد و ا لــمــعــا نـى لا بـا لا لــــفـــا ظ و ا لــمــبــنى
Perkara yang dianggap dalam akad-akad adalah berdasarkankepada maksud dan iniat, bukan dengan lafadz dan perkataan.

مــاحــرم أ خــذ ه حــر م أ عــطــا ؤ ه
Sesuatu yang diharamkan mengambilnya, diharamkanmemberinya

مــاحــرم أ ســـتــعــمــا لـه حــر م أ تــخــا ذ ه
Perkara yang haram menggunkannya, haram mengambilnya

مـنا ســتــعــجـل شــيــئـا قــبــل أ و ا نــه عــو قــب بــحــر مــا نــه
Barang siapa yang bertindak cepat terhadap sesuatu sebelumwaktunya, maka dibalas dengan sebaliknya.

ا ذ ا ا جــتــمــع ا لــحــلا ل و ا لــحــر ا م غــلــب ا لــحــر ا م
Apabila berkumpul halal dengan haram, maka yang dimenangkanadalah yang haram

ا لــضــر ر يــز ا ل شــر عــا
Bahaya harus dilenyapkan menurut syara
Contohnya : memelihara diri dari merokok

ا لــضــر ر لا يــزا ل بــا لــضــرر
Bahaya itu tidak boleh dilenyapkan dengan bahaya.
Contohnya :  Memakan manusia karena lapar

يــحــتـمــلا لــضــرر ا لــخــا ص لــد فــع ا لــضــر ر ا لـــعــا م
Ditangguhkan bahaya khusus demi menolak bahaya umum.
Contohnya : Pembunuh harus dibunuh mengamankan jiwa-jiwa yang lain.
Tangan pencuri dipotong demi menyelamatkan harta manusia.

يــرتــكــبأ خــفّ ا لــضــرر يــن لا تّــــــقــا ء أ شــدّ هـــمــا
Yang lebih ringan diantara dua bahaya bisa dilakukan demi menjaga yang lebih membahayakan.
Contohnya : seorang suami boleh di tahan ( bui) apabilamenengguhkan memberi nafkah istrinya.
Seorang istri boleh ditalak karena bahaya, dan suami tidakmemberi nafkah kepadanya
Meninggalkan syarat sholat lebih ringan dari pada meninggalkan shalat.

ر فـــع ا لــضــرر مــقــدّ م عــلى جــلــب ا لــمــنــا فــع
Menolak bahaya didahulukan dari pada menarik keuntungan
Contohnya :  Seorang pemilik dilarang mengelola hartamiliknya apabila membahayakan orang lain.
Orang puasa, makruh berkumur dan menghisap air kedalamhidung secara berlebihan

ا لــضــرو رت تــبــيــح ا لــمــحــظــو ر ا ت
Keterpaksaan dapat diperkenankan melakukan hal-hal yangdilarang.
Contohnya : . Orang yang sangat lapar terpaksa harusmemakan bangkai , kalau tidak membahayakn orang lain. Orang yang enggan membayarhutang bias diambil hartanya tanpa ijin dia.

ا لــضــرور ا ت تــقــدّ ر بــقــد ر هــا
Keterpaksaan itu diukur menurut tingkat keadaannya.
Contohnya : . Orang yang dalam kedaan terpaksa tidak bolehmemanpaatkan sesuatru yang haram kecuali sekedar dapat menahan lidah.

Hukum rukhsoh menjadi gugur karena telah hilang sebabnya.

ا لــمــشــقــة تـــجــلــب ا لــتــيــســيــر

Kesulitan menuntut adanya kemudahan.
Contohnya : Semua rukhsoh dari Allah untuk membuatseorang dan meringankan beban mukalaf dengan adanya 7 Sebab, yaitu :
1. Bepergian
2. Sakit
3. Paksaan
4. Lupa
5. Tidak tahu
6.umumul bala (gangguan umum)
7. Kekurangan

ا لـــحــر ج شــر عــا مــر فــو عــا
Kesempitan menurut syara bias ditiadakan dan diterima.
Contohnya : Saksi wanita dalam hal tidak bias dilakukanlaki-laki cacat dan buta.

ا لــحــا جــة تــنــز ل مــنــز لــة ا لــضــر و را ت فــى ا بــا حــة ا لـــمــحــظــو ر ا تـــ
Kebutuhan itu bias menduduki tingkatan keterpaksaan dalamkebolehan memeroleh sesuatu yang haram


KAIDAH ISTISHAB

مـايـثـبـتبـالـيــقــيـنلا يـزو ل بــا لـشــّــكّ
Apa yang ditetapkan oleh sesuatu yang meyakinkan, makatidak dapat dihilangkan dengan sesuatu yang meragukan.

ا لأ صــل بـــقـا ء مـا كا ن عـلى مـا كا ن حــتىّ يــثـبـت مـا يــغـيــره
Asal sesuatu adalah ketepan yang telah ada menurut keadaansemula sehingga terdapat suatu ketetapan yang mengubahnya.

ا لأ صــل فى الأ شـــيـاء ا لأ بــا حـة
Hukum asal segala sesuatu adalah boleh

ا لأ صــل فى الأ شـــيـاء ا لأ بــا حـة حــتى يــد ل ا لــد لــيـل عـلى تــحــر يــمــهــا
Hukum sesuatu pada asalnya adalah boleh sehingga ada dalilyang mengharamkannya.

ا لأ صــل فى ا لأ نــســا ن ا لــبــرا ء ة
Asal pada manusia adalah bebas

بهاالصلاحوالفسادللعملالنيةشرطلسائرالعمل
An niyatu sartun lisairil ‘amal biha sholaku wal fasadulil’amal
(Niat itu adalah syarat bagi semua amalan dalam ibadahdengan niat akan diketahui baik & buruknya amalan).

في جلبِها والدرء للقبائح الدِّينُ مبني على المصالح
Ad dinu mabniyun ‘ala masholihi fi jalbiha wa dar iililqobaiihi
(Agama ini bangun untuk kebaikan dan maslahat dalampenetapan syariatnya dan untuk menolak kerusakan)

يُقدَّمالأعلىمن المصالحِ فإذا تزاحم عدد المصالحِ
Jika dalam suatu masalah bertabrakan antara manfaat satudengan yang lainnya maka di dahulukan & diambil manfaat yang paling besar /tinggi

وضدُّهتزاحمُالمفاسدِفارْتَكِبالأدنىمن المفاس
wadhidduhu tazakumul mafasiddi fartakabu adna minalmafasidi
Adapun lawannya jika bertabrakan antara mudharat satudengan yang lainya maka diambil mudharat yang paling kecil dan ringan

ن قواعد الشريعة التيسير في كل أمر نابه تعسير م و
wamin qowai’idis sari’atit taisiru fi kulli amrin naabahuta’sir
Dan termasuk qaidah syari’ah adalah mudah dalam setiapperkara sebagai ganti dari kesulitan ( kesusahan )

وليسواجببلااقتدارولامُحَرَّممع اضطرار
Walaisa wajibun bilaa iqtidarin walaa muharomun ma’aadhdhoror.
Tidak menjadi kewajiban jika tidak mampu mengerjakan dantidak ada keharaman dalam keadaan darurat ( bahaya )

وكلمحظورمع الضرورة بقدر ما تحتاجه الضرورة
Wa kullu mahthurin ma’ad dhorurohi bi qodri maa tahtaajuhuad dhorurotu
Setiap hal yang dilarang itu di bolehkan jika dalamkondisi yang darurat, tetapi sesui dengan kadar yang dibolehkan saja untukmenghilangkan darurat itu.

وترجعالأحكاملليقينفلايزيلالشكُلليقين
Wa turja’ul ahkamu lillyaqini falaa yuziilus sakkulillyaqini
Dan dikembalikan hukum itu kepada yang diyakini dankeraguan tidaklah membatalkan keyakinan itu.

والأصلفي مياهنا الطهارة والأرض والسماء والحجارة
wal aslu fi miyahinaa at thohaarotu wal ardhu was sama’uwal hijaarotu
Hukum asal air tanah, langit dan batu adalah suci.

الأصلفي الأبضاع واللحوم والنفس والأموال التحريم
al aslu fil abdho’i wal luhuumi wan nafsi wal amwaali attahrim
Hukum asal dalam hal perkawinan ( kemaluan ), daging hewandan jiwa/nyawa dan harta adalah haram.

والأصلفي عاداتنا الإباحة حتى يجيء صارف الإباحة
Wal aslu fi ‘aadaatinal ibaahati hatta yajii u soorifulibahah
Dan hukum asal dalam kebiasaan ( adat istiadat ) adalahboleh saja sampai ada dalil yang memalingkan dari hukum asal.

في العبادات التحريم الأصل
Al aslu fil ibaadati at tahrim
Hukum asal ibadah adalah haram.

الوسائلتعطىأحكامالمقاصد
al wasailu tu’thii ahkamul maqosid
Semua sarana suatu perbuatan hukumnya sama dengantujuannya ( perbuatan tersebut ).

الإقرار حجة قاصرة
Al ‘Iqrooru Hujjatun Qoo Shiroh
Pengakuan adalah Sebuah Hujjah yang Terbatas

Wallahu a'lam.
Semoga Bermanfaat. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar